PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN

PRATIWI, TANTRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133344006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5133344006 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5133344006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5133344006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5133344006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5133344006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5133344006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5133344006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5133344006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5133344006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5133344006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5133344006 TABLES.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5133344006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5133344006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5133344006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5133344006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5133344006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5133344006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5133344006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5133344006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5133344006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5133344006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar perawatan tangan (manicure) yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional siswa di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar perawatan tangan (manicure) yang diajarkan dengan model Computer Based Instruction (CBI) di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) terhadap hasil belajar pengetahuan perawatan tangan (manicure) siswa di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 46 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi pengetahuan perawatan tangan (manicure) yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah. Hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi pengetahuan perawatan tangan (manicure) yang diajar dengan model pembelajaran probing prompting berada pada kategori baik. Terdapat pengaruh model pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) terhadap hasil belajar siswa pada pengetahuan perawatan tangan (manicure) di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh dan dengan α = 0,05 dan dk = 58 sehingga sehingga atau .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 RIAS 022
Keywords: Model Pembelajaran Computer Based Instruction (CBI), Hasil Belajar Perawatan Tangan (Manicure)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 10:33
Last Modified: 26 Feb 2019 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31887

Actions (login required)

View Item
View Item