PRATIWI, TANTRI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133344006 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 5133344006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIM. 5133344006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4. NIM. 5133344006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 5133344006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5133344006 TABLES.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7. NIM. 5133344006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5133344006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 5133344006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
13. NIM. 5133344006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM. 5133344006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar perawatan tangan (manicure) yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional siswa di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar perawatan tangan (manicure) yang diajarkan dengan model Computer Based Instruction (CBI) di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) terhadap hasil belajar pengetahuan perawatan tangan (manicure) siswa di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 46 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi pengetahuan perawatan tangan (manicure) yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori rendah. Hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi pengetahuan perawatan tangan (manicure) yang diajar dengan model pembelajaran probing prompting berada pada kategori baik. Terdapat pengaruh model pembelajaran Computer Based Instruction (CBI) terhadap hasil belajar siswa pada pengetahuan perawatan tangan (manicure) di kelas X SMK Negeri 10 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh dan dengan α = 0,05 dan dk = 58 sehingga sehingga atau .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 RIAS 022 |
Keywords: | Model Pembelajaran Computer Based Instruction (CBI), Hasil Belajar Perawatan Tangan (Manicure) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:33 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31887 |