BAKARA, IRA OKTAVINA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INKUIRI DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIEMPAT NEMPU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111016 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4131111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 4131111016 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4131111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 4131111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 4131111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 4131111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4131111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 4131111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
10. NIM 4131111016 BAB 1.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
14. NIM 4131111016 BAB 5.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4131111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiman. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Siempat Nempu ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan diantara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear di kelas X SMA Negeri 1 Siempat Nempu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Siempat Nempu T.A 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel ini dilakukan secara acak dengan metode cluster sampling dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran Inkuiri dan kelas X IPA-2 sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran Matematika Realistik, jumlah pada masing-masing kelas adalah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah multiple choice sebanyak 15 soal tes hasil belajar matematika yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan data tes hasil belajar matematika, nilai rata-rata dikelas eksperimen I sebesar 79,44, sedangkan nilai rata-rata dikelas eksperimen II sebesar 72,96. Dengan menggunakan uji hipotesis satu arah diperoleh sebesar 2,39 dan sebesar 1,665 dengan taraf nyata sehingga . Dengan demikian ditolak dan diterima yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik. Dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis tersebut maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri dan menggunakan pembelajaran Matematika Realistik di kelas X SMA Negeri 1 SiempatNempu T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 077 |
Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 10:26 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31878 |