PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA SMP NEGERI 37 MEDAN

Sony S, Erick (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SISWA SMP NEGERI 37 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188230042 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188230042 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188230042 DAftar isi.pdf]
Preview
Text
1500081188230042 DAftar isi.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188230042 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188230042 Bab I.pdf - Published Version

Download (900kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188230042 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188230042 Bab V.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188230042 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188230042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar TIKantara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia CD interaktifdan multimedia VCD, (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasanemosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah (3) interaksi antarapenggunaan multimedia pembelajaran dan kecerdasan emosional dal- ammempengaruhi hasil belajar TIK siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalampenelitian ini berjumlah 240 orang yang berasal dari 6 kelas VII SMP Negeri 37Medan, sedangkan sampel berjumlah 80 orang yang diambil dari 2 kelas denganmenggunakan cluster random sampling. Sebelum perlakuan diberikan terlebihdahulu diberikan tes kecerdasan emosional untuk membedakan kecerdasanemosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah yang dimiliki oleh siswa. Teshasil belajar digunakan untuk mengumpulkan data penelitian dengan terlebihdahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Hasilyang diperoleh dari 45 soal yang diujicobakan, terdapat 40 soal yang memenuhipersyaratan. Untuk menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistikdeskriptif sementara untuk menguji hipotesis digunakan statistik inferensial.Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA 2 jalur yang sebelumnyadilakukan uji persyaratan normalitas dengan Lilifors dan uji homogenitas variansdengan uji Barlett dan uji Fisher.Hasil pengujian hipotesis diperoleh: (1) basil belajar TIK siswa yangdibelajarkan dengan menggunakan multimedia VCD lebih tinggi dibandingkandengan hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan menggunakanmultimedia VCD, hal ini ditunjukan oleh Fhitung= 6,013 > Fthhei=3,96 pada tarafsignifikansi a = 0,05 dengan dk(1,76) (2): hasil belajar TIK siswa yang memilikikecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yangmemiliki kecerdasan emosional rendah Ft itung= 4,032 > Ftahei=3,96 pada tarafsignifikansi a = 0,05 dengan dk=(1,76) : dan (3) terdapat interaksi antarapenggunaan multimedia pembelajaran dengan kecerdasan emosional dalammempengaruhi basil belajar TIK Fhitung= 30,80 > Ft =3,96 pada taraf signifikansia = 0,05 dengan dk=0,76).Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan multimedia CDinteraktif lebih tepat digunakan untuk siswa yang memiliki kecerdasan emosionalyang tinggi dan multimedia VCD lebih tepat digunakan pada siswa yang memilikikecerdasan emosional rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Son p
Keywords: Pembelajaran Media Programs (Education);Emosional;KecerdasanMultimedia; Proses
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 Jun 2016 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item
View Item