TARIGAN, RIO MARCH (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN LUAR PADA SEPAK BOLA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION(T.A.I) PADA KELAS XI SMA NEGERI 4 BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.NIM. 6123111077 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
02.NIM. 6123111077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
03.NIM. 6123111077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
04. NIM 6123111077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
05.NIM. 6123111077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
06.NIM. 6123111077 TABLES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
07.NIM. 6123111077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
08.NIM. 6123111077 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
09.NIM. 6123111077 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
13.NIM. 6123111077 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
14.NIM. 6123111077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Sepak Bola menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (T.A.I) pada siswa/siswi kelas XI SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas XI IPS-1 yang berjumlah sebanyak 35 siswa yang akan diberikan tindakan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) terhadap proses belajar Dribbling dengan kaki bagian luar dalam Sepak Bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) (pre-test) diperoleh 6 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (17,14%), sedangkan 29 siswa belum mencapai ketuntasan belajar ( 82,86%) dengan nilai rata-rata 60,31. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.). Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 73,96. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 30 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (85,72%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (14,28%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 84,43. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 25,72% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 10,47.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) dapat meningkatkan proses hasil Teknik Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Permainan Sepak Bola pada siswa/siswi kelas XI IPS-1 SMA Negeri 4 Binjai Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 061 |
Keywords: | T.A.I, SEPAK BOLA, KAKI BAGIAN LUAR, RIO MARCH TARIGAN, UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING, SMA NEGERI 4 BINJAI, MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:53 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31830 |