PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM - ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) PADA MATA ALAT UKUR SISWA KELAS X TP SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG TAHUN AJARAN 2017/2018

PASARIBU, HERMANTO (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM - ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) PADA MATA ALAT UKUR SISWA KELAS X TP SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5111521002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5111521002 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5111521002 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5111521002 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5111521002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5111521002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5111521002 KPREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5111521002 KPREFACE.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5111521002 TABLE OF CONTEN.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5111521002 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5111521002  LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5111521002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5111521002 LIST OF APPENDICCES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5111521002 LIST OF APPENDICCES.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5111521002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5111521002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5111521002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5111521002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5111521002  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5111521002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X teknik permesinan di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang tahun ajaran 2017/2018. Alat
ukur merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan menengah kejuruan kompetensi keahlian teknik permesinan. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team – Achievement
Devision, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X teknik permesinan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TP SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang yang terdiri dari 35 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes dan
obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team – Achievement Devision dapat meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X TP di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 65,71% pada siklus I dan 82,85% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 17,14 pada siklus I dan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MSN 023
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team - achievement Devision; Hasil Belajar Alat Ukur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:43
Last Modified: 25 Feb 2019 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31814

Actions (login required)

View Item
View Item