MANIK, TAHMUD (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING (SFE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN 2017/2. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131111024 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM. 5131111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. NIM. 5131111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 5131111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 5131111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 5131111024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5131111024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5131111024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 5131111024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM. 5131111024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 5131111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik di Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan Tahun 2017/2018 yang berjumlah 31 siswa. Prosedur tindakan dilakukan dalam dua siklus yang masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting).
Data penelitian diambil dari lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas siswa yang menunjukkan peningkatan yang signifikan dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 70 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas 100 % siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 9,77 terjadi peningkatan pada siklus II dengan skor 14,87, peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan peningkatan signifikan terhadap aktivitas belajar yakni diperoleh t hitung (5,067) > t tabel (2.042) dengan taraf signifikan 5 %. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,84 dengan kelulusan 54,84% dan siklus II meningkat menjadi 86,65 dengan kelulusan 100%. Hasil uji t menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar yakni diperoleh t hitung (4,249) > t tabel (2.042) dengan taraf signifikan 5 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator and Explaining (SFE) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Gambar Teknik Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan Tahun 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 025 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 09:39 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 03:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31807 |