MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK DI KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2017/2018

SITINDAON, JOIN (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PAIR CHECK DI KELAS V SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143111032_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143111032_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143111032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143111032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143111032_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143111032_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143111032_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143111032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143111032_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143111032_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143111032_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143111032_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143111032_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1143111032_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1143111032_BAB I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143111032_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143111032_BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1143111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1143111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks pada materi perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 101772 Tanjung Selamat T.A 2017/2018.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran Pair Checks. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V A SDN 101772 Tanjung Selamat T.A 2017/2018 yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 laki - laki dan 13 perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Pair Checks. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II siklus yaitu siklus I dan II, pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal diperoleh nilai rata-rata adalah 50 dengan perincian 5 orang siswa (20%) sudah tuntas belajar dan 20 orang siswa (80%) belum tuntas belajar. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,4 dengan perincian 14 orang siswa (56%) sudah tuntas belajar dan 11 orang siswa (44%) belum tuntas belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 74 dengan perincian 21 orang (84%) sudah tuntas dan 4 orang siswa (16%) belum tuntas belajar.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2017/2018 Kecamatan Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 103
Keywords: HASIL BELAJAR;PAIR CHECK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 19 Feb 2019 09:19
Last Modified: 25 Feb 2019 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item
View Item