PASARIBU, SURYA RUMIANG (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141092_COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7143141092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 7143141092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 7143141092_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7143141092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
6. NIM. 7143141092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 7143141092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 7143141092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7143141092_BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
13. NIM. 7143141092_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7143141092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar kearsipan; 2). Pengaruh kreativitas mengajar guru belajar terhadap hasil belajar kearsipan; 3). Pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD dengan kreativitas mengajar dalam mempengaruhi hasil belajar kearsipan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sibolga, Tahun Pembelajaran 2018/2019. Hasil analisis data diperoleh nilai rerata pre-test siswa kelas eksperimen = 34,86 dengan SD = 15,121 dan nilai rerata pre-test kelas kontrol = 30,27 dengan SD = 16,114, sedangkan nilai rerata post-test setelah diterapkan model pembelajaran STAD dan konvensional = 77,08 dengan SD = 12,692. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Thitung = 0,069 > Ttabel = 0,05) dan homogen (Fhitung = 0,072 > Ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan STAD = 81,26 dan konvensional = 73,05 dengan nilai sig. 0,000; 2). Rerata hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas mengajar guru yang tinggi = 86,80 dan kreativitas mengajar guru yang rendah = 67,51 dengan nilai sig. 0,000; 3). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan STAD yaitu kelompok
kreativitas mengajar yang tinggi = 88,88 dan kelompok kreativitas mengajar yang rendah = 73,64 lebih besar dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan dengan konvensional yaitu kelompok kreativitas mengajar yang tinggi 84,73 dan kelompok kreativitas mengajar yang rendah = 61,38 dengan nilai sig. 0,028, dalam hal ini ketiga hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran STAD dan kreativitas mengajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sibolga, Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ADP 024 |
Keywords: | Stad;Kreativitas Mengajar Guru;Hasil Belajar Kearsipan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 10:03 |
Last Modified: | 20 Feb 2019 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31751 |