PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P 2018/2019

PASARIBU, SURYA RUMIANG (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 1 SIBOLGA T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143141092_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143141092_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143141092_LEMBAR  PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143141092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143141092_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143141092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143141092_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143141092_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143141092_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143141092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143141092_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143141092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143141092_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143141092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143141092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143141092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143141092_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143141092_BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143141092_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143141092_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143141092_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143141092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar kearsipan; 2). Pengaruh kreativitas mengajar guru belajar terhadap hasil belajar kearsipan; 3). Pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD dengan kreativitas mengajar dalam mempengaruhi hasil belajar kearsipan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sibolga, Tahun Pembelajaran 2018/2019. Hasil analisis data diperoleh nilai rerata pre-test siswa kelas eksperimen = 34,86 dengan SD = 15,121 dan nilai rerata pre-test kelas kontrol = 30,27 dengan SD = 16,114, sedangkan nilai rerata post-test setelah diterapkan model pembelajaran STAD dan konvensional = 77,08 dengan SD = 12,692. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Thitung = 0,069 > Ttabel = 0,05) dan homogen (Fhitung = 0,072 > Ftabel = 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan STAD = 81,26 dan konvensional = 73,05 dengan nilai sig. 0,000; 2). Rerata hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas mengajar guru yang tinggi = 86,80 dan kreativitas mengajar guru yang rendah = 67,51 dengan nilai sig. 0,000; 3). Rerata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan STAD yaitu kelompok
kreativitas mengajar yang tinggi = 88,88 dan kelompok kreativitas mengajar yang rendah = 73,64 lebih besar dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan dengan konvensional yaitu kelompok kreativitas mengajar yang tinggi 84,73 dan kelompok kreativitas mengajar yang rendah = 61,38 dengan nilai sig. 0,028, dalam hal ini ketiga hipotesis tersebut menolak H0 dan menerima Ha. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran STAD dan kreativitas mengajar terhadap hasil belajar kearsipan siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Sibolga, Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ADP 024
Keywords: Stad;Kreativitas Mengajar Guru;Hasil Belajar Kearsipan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 18 Feb 2019 10:03
Last Modified: 20 Feb 2019 02:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31751

Actions (login required)

View Item
View Item