Husna, Putri Alvi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ACCOUNTING GAME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK AL IKHLAS PANGKALAN SUSU TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342030 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7143342030 APRROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM. 7143342030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM 7143342030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM. 7143342030 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
6. NIM 7143342030 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7143342030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 7143342030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7143342030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM 7143342030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 7143342030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahi peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media pembelajaran Accounting Game dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMK Al Ikhlas Tahun Pembelaajran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK Al Ikhlas yang beralamat di Jl. P. Berandan No. 36 Kel Beras Basah Kecamatan Pangkalan Susu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 1 di SMK Al Ikhlas Pangkalan Susu yang terdiri dari 30 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan menggunakan media pembelajaran Accounting Game, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara test berbentuk pilihan ganda, essay dan lembar aktivitas siswa. Adapun analisis data adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data nilai hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM senilai 70 adalah 20 siswa (67%) dengan nilai rata-rata siwa adalah 74,2 dan pada siklus II diperoleh 26 siswa (87%) yang telah mencapai KKM senilai 70 dengan nilai rata-rata 86,7. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 20% dari siklus I ke siklus II. Hasil perolehan aktivitas siwa pada siklus I jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 1 siswa, dan siswa yang aktif sebanyak 12 siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dimana jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 4 siswa, siswa yang aktif sebanyak 24 siswa. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Accounting Game dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi jurnal umum di kelas X Ak SMK Al Ikhlas Pangkalan Susu Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 049 |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran CTL; Media pembelajaran Accounting Game |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 09:54 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 00:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31741 |