PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 030293 LAEHOLE DAIRI

Berutu, Yanty Rosida (2018) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 030293 LAEHOLE DAIRI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166182055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166182055 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166182055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166182055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166182055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166182055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166182055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166182055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166182055 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166182055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166182055 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166182055 TABLES.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166182055 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166182055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166182055 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166182055 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166182055 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166182055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166182055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166182055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166182055 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166182055 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari bahan ajar dan pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu juga bahan ajar yang digunakan oleh guru kurang membawa dampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menghasilkan produk pengembangan Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berorientasi Pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang valid dan efektif, mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berorientasi Pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kelas V SD Negeri 030293 Laehole Dairi, dan mengetahui adanya peningkatan respon siswa dalam belajar menggunakan Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berorientasi Pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Kelas V SD Negeri 030293 Laehole Dairi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 030293 Laehole Dairi dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah modul yang dikembangkan Kelas Va dan Vb masing-masing 38 orang siswa SD Negeri 030293 Laehole Dairi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing setelah melewati uji coba, nilai kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada batas keberhasilan pembelajaran termasuk kategori sangat baik yaitu penerapan pembelajaran tercapai bila SR 80 % yaitu 96%. Pada pembelajaran inkuiri terbimbing dimana terjadi interaksi belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik; (2) Respon siswa terhadap semua aspek komponen dan kegitan pembelajaran berada di atas 2.5. Hal ini dapat diketahui karena siswa yang berada pada kriteria minimal positif adalah 25 siswa telah berada pada kriteria minimal positif. Jika hasil analisis ini dirujuk pada kriteria yang ditetapkan; dan (3) Hasil belajar siswa setelah pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dilihat dari hasil kerja siswa dalam menyelesaikan tes yang diberikan dapat diketahui hasil analisis ketuntasan secara klasikal sudah mencapai 95%. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil uji gain. Berdasarkan analisis uji gain terhadap hasil pretest dan posttest yang diujikan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Perbandingan antara nilai pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa memberikan hasil yang signifikan. Nilai rerata posttest lebih besar dari nilai rerata pretest

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.071 Ber p
Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Pengelolaan Pembelajaran
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Feb 2019 09:25
Last Modified: 12 Feb 2019 09:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31708

Actions (login required)

View Item
View Item