Yanti., Febri (2018) PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN DAN KIT PRAKTIKUM KIMIA INOVATIFTERINTEGRASI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) SESUAI KURIKULUM 2013 UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166142004 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM 8166142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
3. NIM 8166142004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8166142004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 8166142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. NIM 8166142004 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM 8166142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8166142004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8166142004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
13. NIM 8166142004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 8166142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kelayakan buku penuntun dan kit praktikum kimia
inovatif Kelas XI SMA/MA semester genap sesuai kurikulum 2013, penilaian buku penuntun
dan kit praktikum berdasarkan tanggapan ahli serta mengetahui tingkat kelayakan melalui uji
coba pemakaian yaitu dengan uji ketrampilan proses sains. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation). Penuntun praktikum disusun mengikuti langkah model
pembelajaran terintegrasi Problem Based Learning yang pada prakteknya siswa melakukan
percobaan lewat masalah yang diberikan dan melaporkan serta mendiskusikan hasil
percobaan yang dilakukan. Selain itu dalam uji keterlaksanaan buku penuntun dan kit
praktikum ini dilakukan pengamatan terhadap respon, sikap dan hasil belajar siswa secara
kognitif disekolah dan subjek uji keterlaksanaan terdiri dari dua puluh delapan siswa. Teknik
pengumpul data menggunakan lembar validasi buku penuntun praktikum, lembar validasi kit
praktikum, angket lembar observasi keterlaksanaan praktikum. Penilaian dosen ahli dan guru
kimia terhadap buku penuntun praktikum kimia inovatif sesuai kurikulum 2013 berbasis PBL
diperoleh rata-rata 3,81 dan penilaian ahli dosen dan guru kimia terhadap kit praktikum
diperoleh rata-ratasebesar 3,72 artinya valid dan tidak perlu revisi sehingga dapat
dipergunakan dalam pembelajaran kimia. Sikap pada siswa saat melaksanakan praktikum
sebesar 83,23%. Respon siswa saat melaksanakan praktikum sebesar 86,60% yaitu dalam
kategori sangat baik. Terdapat hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan
menggunakan buku penuntun dan kit praktikum inovatif terintegrasi PBL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.1 Yan p |
Keywords: | Buku penuntun praktikum, Kit praktikum, ,Problem Based Learning, Kurikulum 2013, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Feb 2019 09:30 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 09:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31695 |