Simanjuntak, Ernita Mauli (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA PENDEK BERDASARKAN TEKNIK 3M (MENIRU-MENGOLAH-MENGEMBANGKAN) SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2018/2019. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156191027 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 8156191027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM. 8156191027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 8156191027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 8156191027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 8156191027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7. NIM. 8156191027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 8156191027 LIST OF APPENDICES .pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 8156191027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (696kB) | Preview
13. NIM. 8156191027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
14. NIM. 8156191027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui proses pengembangan bahan ajar
menulis teks cerita pendek berdasarkan teknik 3M (Meniru-Mengolah-
Mengembangkan) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan, (2) mengetahui
kelayakan bahan ajar menulis teks cerita pendek berdasarkan teknik 3M (Meniru-
Mengolah-Mengembangkan) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan, (3)
mengetahui keefektifan bahan ajar menulis teks cerita pendek berdasarkan teknik
3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan
(R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall.
Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa uji coba
kelompok kecil, dan 44 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes menulis
teks cerita pendek. Hasil penelitan menunjukkan bahwa (1) validasi ahli materi
meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 85,22% pada kriteria sangat baik,
kelayakan penyajian dengan rata-rata 85,06% pada kriteria sangat baik, dan aspek
bahasa dengan rata-rata 88,54% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain
dengan rata-rata 87,06% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan ratarata
87,5% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata
78,46 % pada kriteria sangat baik, (5) uji kelompok kecil dengan rata-rata 80,47%
pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 84,82%
pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks cerita pendek siswa
sebelum menggunakan modul sebesar 74,65, sedangkan hasil belajar teks menulis
cerita pendek siswa setelah menggunakan modul meningkat sebesar 84,54. Selisih
yang diperoleh sebesar 9,89 dari sebelum ke sesudah. Penelitian ini memiliki
implikasi yaitu bahan ajar yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis
dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, dimana bahan ajar tambahan
untuk memberi kemudahan dalam menyampaikan materi yang diajarkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 812 Sim p |
Keywords: | Bahan Ajar, Cerita Pendek, Teknik 3M (Meniru- Mengolah-Mengembangkan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 10:08 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31680 |