Siregar, Delfi Hayati (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DALAM TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENGANDAIAN SERATUS DELAPAN PULUH DERAJAT BERBEDA DI KELAS IV SD SWASTA INTI NUSANTARA TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136182011 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 8136182011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 8136182011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4. NIM. 8136182011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5. NIM. 8136182011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8136182011 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8136182011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8136182011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 8136182011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM. 8136182011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
14. NIM. 8136182011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan ini untuk : meningkatkan kemampuan menulis cerita
dalam tematik dengan menggunakan teknik pengandaian seratus delapan puluh
derajad berbeda pada materi menulis cerita di kelas IV SDS Inti Nusantara Tebing
Tinggi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian
siswa kelas IV SDS Inti Nusantara Tebing Tinggi sebanyak 21 orang. Teknik
pengumpulan data melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas
siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan
analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan persentase skor
rerata aktivitas guru, skor rerata aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar
siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilannya. Berdasarkan analisis
data diperoleh kesimpulan : (1) terjadi peningkatan pada aktivitas guru. Hal ini
dapat dilihat pada siklus I pertemuan I dan II sebesar 61,43% dan 67,61% dengan
kategori cukup. Pada siklus II pertemuan I dan II sebesar 74,76% dan 78,54%
dengan kategori baik, sedangkan pada pertemuan III sebesar 82,38% dengan
kategori sangat baik, (2) terjadi peningkatan pada aktivitas siswa. Hal ini dapat
dilihat pada siklus I pertemuan I sebesar 61,25% dengan kategori kurang, dan
pada pertemuan II sebesar 64,37% dengan kategori cukup. Pada siklus II
pertemuan I dan II sebesar 66,87% dan 70,62% dengan kategori baik, sedangkan
pada pertemuan III sebesar 75,63% dengan kategori sangat baik, dan (3)
meningkatnya kemampuan menulis siswa sebesar 33,33%. Diharapkan jika
diterapkan teknik pengandaian seratus delapan puluh derajat berbeda guru
memberikan bimbingan terbatas pada siswa saat menulis sebuah cerita sehingga
siswa mampu menulis cerita dengan dengan baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Sir u |
Keywords: | kemampuan menulis cerita, tematik, teknik pengandaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jan 2019 09:39 |
Last Modified: | 21 Jan 2019 09:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31668 |