Sari, Dewi Purnama (2018) ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWDI SMAS MUHAMMADIYAH 8 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8166171007 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. 8166171007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8166171007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. 8166171007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. 8166171007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 8166171007 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. 8166171007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 8166171007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (994kB) | Preview
12. 8166171007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13. 8166171007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial dan self-efficacy menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, meliputi (1) proses berpikir siswa pada kemampuan spasial (2) self-efficacy siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan (3) kadar aktivitas aktif siswa selama proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X-IPA2 SMAS muhammadiyah 8 kisaran sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan spasial dan self-efficacy siswa serta aktivitas aktif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan spasial, angket self-efficacy, lembar observasi aktivitas siswa, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Berdasarkan data yang diperoleh, proses berpikir siswa pada kemampuan spasial setelah pembelajaran dengan model kooperatif tipe jigsaw dikategorikan dalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah.(1) Siswa dengan kemampuan spasial tinggi memiliki proses berpikir eksplorasi, pemikiran metodis, berpikiran alogis, berpikir abstrak, sintesis, serendipity, dan mendaur ulang ide. Siswa dengan kemampuan spasial tinggi juga memiliki pengimajinasian yang tinggi. Siswa dengan kemampuan spasial sedang memiliki proses berpikir eksplorasi, serendipity, berpikir analogis, berpikir semi abstrak, dan mendaur ulang ide serta memiliki pengimajinasian yang sedang. Siswa dengan kemampuan spasial rendah dalam memahami masalah menggunakan proses berpikir eksplorasi ,analogis, semi abstrak, sintesis dan memiliki pengimajinasian yang rendah. (2)Secara keseluruhan self-efficacy yang dimiliki siswa sebesar 73.31% dengan kategori sedang, sehingga disimpulkan self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw baik. (3) Keseluruhan prosentase aktivitas aktif siswa yang digunakan selama kegiatan belajar mengajar berada pada interval toleransi waktu ideal yang ditetapkan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 518 Sar a |
Keywords: | Kemampuan Spasial, Self-Efficacy, Aktivitas Aktif Siswa, Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:10 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31652 |