Ghalid, Abu Supian (2018) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING TERHADAP PENINGKAATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPA 5 SMA NEGERI 8 MEDAN TA. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1114651002_COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 1114651002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 1114651002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 1114651002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
5. NIM. 1114651002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1114651002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1114651002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1114651002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1114651002_BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM. 1114651002_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1114651002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Motivasi adalah suatu dorongan yang timbul secara internal dalam diri
individu termasuk siswa yang akan membuat siswa belajar dengan giat. Motivasi
belajar yang tinggi timbul dapat dilihat dari ketekunan dalam dirinya dalam
mengerjakan tugas, tidak putus asa jika menghadapi kesulitan, tertarik terhadap
bermacam masalah dan memecahkannya, senang bekerja mandiri, bosan terhadap
tugas rutin, dapat mempertahankan pendapat, dan tidak mudah melepaskan hal
yang diyakini. Motivasi belajar yang ada pada siswa dapat berubah setiap waktu
naik dan turun dalam kurun waktu tertentu. Saat motivasi tinggi, pembelajaran
yang dilakukan siswa akan baik hasilnya namun apabila rendah motivasinya maka
akan membuat buruk hasil belajarnya.Untuk menyikapi itu, diterapkanlah layanan
bimbingan dan konseling untuk memberikan pengaruh pada tingkat motivasi
belajar yaitu bimbingan kelompok teknik modelling. Layanan bimbingan kelompok
cukup efektif dalam membantu siswa memecahkan masalah-masalah dengan
melalui kegiatan kelompok. Masalah yang dihadapi mungkin bersifat kelompok,
yaitu yang dirasakan bersama oleh kelompok atau bersifat individual yaitu
dirasakan oleh individu sebagai anggota kelompok.Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas X IPA 5, teknik penarikan sampel menggunakan proportional
random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket dengan
model skala Likert. Hasil uji reliabilitas instrumen motivasi belajar sebesar
0,8961. Data penelitian dianalisis menggunakan Product Moment Pearson
Correlation.Temuan penelitian memperlihatkan bahwa dengan korelasi yang
diperoleh dari tampilan luaran SPSS model summary 20.00 menunjukkan
besarnya hasil uji hipotesis diperoleh = 2,803 dan = 1.833 sehingga
diperoleh hasil > (2,803 > 1,833) dengan perubahan rata-rata dari 95,7
berubah ke 118,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan
bimbingan kelompok teknik modeling dapat memberikan pengaruh terhadap
peningkatan motivasi belajar siswwa kelas X IPA 5 SMA NEGERI 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 022 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 14:32 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31643 |