HASIBUAN, NILA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TURSINA JAYA JL SIBOLGA KM 17 SITINJAK TA 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142113006_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1142113006_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
3. NIM. 1142113006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM. 1142113006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1142113006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 1142113006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1142113006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1142113006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1142113006_BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM. 1142113006_BAB V.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
14. NIM. 1142113006_DAFTA PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa
anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
pictur and picture terhadap kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA
Tursina Jaya T.A 2017 / 2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen semu(quasi eksperimen research), dengan bentuk Posttest-Only Control
Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok B yang ada di RA Tursina
Jaya yang berjumlah 60 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random
sampling, yaitu memilih sampel secara acak dengan undian. Pengambilan pertama
yakni memilih kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan pengundian 2 dari 3 kelas.
Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan
pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yakni kelas kontrol. Untuk kelas
eksperimen 20 orang anak dilakukan dengan model pembelajaran picture and picture
dan pada kelas kontrol dengan 20 orang anak dilakukan dengan pembelajaran
konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas
eksperimen memiliki nilai terendah 6, nilai tertinggi 12 dan nilai rata – rata 9 yang
lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 4 dan
nilai tertinggi 7 dengan rata – rata 5. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa
anak pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan anak kelas kontrol. Dari hasil
perhitungan diperoleh thitung= ; nilai ini dibandingkan dengan ttabel dengan (dk=
(n1 + n2) – 2 = 38 dan taraf α = 0,05). Nilai thitung atau 8,48 > 1,7074. Dengan
demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan ada
pengaruh signifikan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan
bahasa anak usia 5-6 di RA Tursina Jaya T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 015 |
Keywords: | PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 03 Jan 2019 10:50 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31638 |