Amriani, Ade (2018) RELEVANSI PERINGKAT AKREDITASI SEKOLAH DENGAN CAPAIAN KINERJA SEKOLAH DASAR DI KOTA SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8166132001 Cover.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2 Nim 8166132001 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (764kB) | Preview
3 Nim 8166132001 Abstract.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4 Nim 8166132001 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5 Nim 8166132001 Table of Content.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6 Nim 8166132001 List of Table.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7 Nim 8166132001 List of Figure.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 Nim 8166132001 Chapter I.pdf - Published Version
Download (992kB) | Preview
12 Nim 8166132001 Chapter V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13 Nim 8166132001 References.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah; a) untuk mengetahui capaian kinerja sekolah yang memiliki peringkat akreditasi A, B, dan C di Kota Subulussalam, dan b) mengetahui bentuk relevansi peringkat akreditasi terhadap capaian kinerja Sekolah Dasar Negeri di Kota Subulusalam.
Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Sumber data penelitian adalah 78 sekolah dasar yang digolongkan menjadi 3 kelompok yaitu sekolah dengan nilai akreditasi A, B dan C. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: a) Capaian sekolah dengan peringkat akreditasi A dalam pencapaian kinerja sekolah memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan. Seluruh indikator kinerja sekolah dapat dilaksanakan secara maksimal, b) Sekolah dengan peringkat akreditasi B dalam pencapaian kinerja sekolah belum memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan. Tetapi terdapat 3 (tiga) standar yang masih harus mendapat perhatian, c) Sekolah dengan peringkat akreditasi C dalam pencapaian kinerja sekolah belum dapat memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan. Terdapat 4 (empat) aspek standar yang masih membutuhkan perbaikan. Sedangkan relevansi peringkat akreditasi terhadap capaian kineja Sekolah Dasar di Kota Subulusalam, bahwa: a) Terdapat relevansi yang signifikan antara peringkat akreditasi dengan capaian kinerja sekolah dimana sekolah dengan nilai akreditasi A secara signifikan menunjukan informasi pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar pembiayaan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar proses, standar pengelolaan, standar penilaian pendidikan dan standar kompetensi lulusan) dibandingkan dengan sekolah yang memiliki nilai akreditasi B, dan C.
Semakin tinggi nilai akreditasi maka semakin baik pula capaian kinerja sekolah tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Amr r |
Keywords: | akreditasi sekolah; relevansi; kinerja sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Dec 2018 03:44 |
Last Modified: | 17 Dec 2018 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31554 |