Berutu, Sentina Berutu (2018) ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS IX IPA SMA SWASTA TELADAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4143341047 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM.4143341047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM.4143341047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM.4143341047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM.4143341047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM.4143341047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM.4143341047 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM.4143341047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9.NIM.4143341047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13.NIM.4143341047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14.NIM.4143341047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sistem saraf manusia dari aspek kognitif dan aspek indikator pembelajaran dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sistem saraf manusia di kelas XI IPA SMA Swasta teladan Medan Tahun pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Teladan Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak 118 siswa. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan angket. Data dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase tingkat kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif soal pengetahuan (C1) sebesar 57.6% termasuk dalam kategori kesulitan sedang, Pemahaman (C2) sebesar 60.3% termasuk dalam kategori kesulitan sedang, Aplikasi (C3) sebesar 68.8% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Analisis (C4) sebesar 71.6% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Evaluasi (C5) sebesar 76.6% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi dan Kreasi (C6) 68.9% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. (2) Persentase kesulitan belajar setiap indikator soal pada materi sistem saraf manusia meliputi: indikator mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron 75,84% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Mengaitkan struktur fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia sebesar 68,83% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi, Mengaitkan struktur fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia sebesar 60,16% termasuk dalam kategori kesulitan sedang, Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia sebesar 78,24% termasuk dalam kategori kesulitan tinggi. (3) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu materi sistem saraf manusia metode mengajar guru dan sarana pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 256 |
Keywords: | Aspek kognitif; Indikator Pembelajaran; Kesulitan Belajar; Sistem Saraf Manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 11:04 |
Last Modified: | 11 Jan 2019 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31484 |