HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101801 DELITUA T.A. 2017/2018

RIZKA, NUR (2019) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 101801 DELITUA T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui gambaran keterampilan
menjelaskan guru kelas V SD Negeri 101801 Delitua, (2) untuk mengetahui
gambaran minat belajar siswa di kelas V SD Negeri 101801 Delitua, (3) untuk
mengetahui hubungan antara keterampilan menjelaskan guru dengan minat belajar
siswa kelas V SD Negeri 101801 Delitua. Keterampilan menjelaskan guru adalah
penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik untuk
menunjukkan adanya hubungan yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan minat
belajar siswa adalah kecendrungan hati yang sangat tinggi terhadap sesuatu.
Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 101801 Delitua, dengan jumlah
subjek sebanyak 34 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dalam
penelitian ini yaitu keterampilan menjelaskan guru. Dan variabel terikat dalam
penelitian ini yaitu minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan
dokumentasi. Instrument pengumpulan data menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif, uji kecendrungan variabel
penelitian, uji koefisien korelasi dan uji hipotesis.
Data dianalisis dengan metode deskriptif korelasional dan uji hipotesis dengan
uji t dengan signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Keterampilan menjelaskan pada
siswa SD Negeri 101801 Delitua tergolong baik, hal itu tampak pada data yang
diperoleh dalam penelitian ini dimana 18 orang siswa (53%) dari 34 orang sampel
memiliki skor rata-rata kategori sangat baik. Minat belajar pada siswa SD Negeri
101801 Delitua tergolong baik, hal itu tampak pada data yang diperoleh dalam
penelitian dimana 14 orang siswa (41%) dari 34 orang sampel memiliki skor rata-rata
kategori sangat baik. Koefisien korelasi yang diperoleh setelah data yang diperoleh
adalah sebesar 0.518 dengan rtabel 0.329 sehingga 0.518 > 0.329 atau nilai rhitung > rtabel
sehingga kriteria penafsiran koefisien korelasinya termasuk kategori sedang karena
berada diantara 0,40 - 0,60. Dari hasil perhitungan uji t untuk mengetahui apakah
hipotesis diterima atau ditolak maka diperoleh thitung sebesar 3.425 sedangkan rtabel
pada taraf signifikan 5% dan df = n-2 = 34-2 = 32 diperoleh ttabel sebesar 2.036
sehingga nilai thitung lebih besar dari pada nilai ttabel atau 3.425 > 2.036 yang artinya
hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sehingga Keterampilan Menjelaskan guru
mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan minat belajar siswa dengan
tingkat hubungannya termasuk golongan “Sedang”.
Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara Keterampilan Menjelaskan Guru dengan minat belajar siswa kelas V SD
Negeri 101801 Delitua tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 102
Keywords: Keterampilam Menjelaskan;Minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:58
Last Modified: 10 Dec 2018 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31482

Actions (login required)

View Item
View Item