MANULLANG, BOBY ROLAND (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311013 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 2143311013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 2143311013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM 2143311013 PREPARE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM 2143311013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. NIM 2143311013 TABLE.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM 2143311013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 2143311013 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
12. NIM 2143311013 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13. NIM 2143311013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bagaimana proses mengamati
pada pembelajaran menulis teks deksripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Medan, (2)
bagaimana proses menanya pada pembelajaran menulis teks deksripsi di kelas VII
SMP Negeri 14 Medan, (3) bagaimana proses mengumpulkan informasi pada
pembelajaran menulis teks deksripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Medan, (4)
bagaimana proses menalar pada pembelajaran menulis teks deksripsi di kelas VII
SMP Negeri 14 Medan, dan (5) bagaimana proses mengkomunikasikan pada
pembelajaran menulis teks deksripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Medan. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII SMP Negeri 14 Medan.
Objek penelitian ini adalah implementasi langkah-langkah pembelajaran menulis
dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis dan respons siswa
terhadap pendekatan saintifik pada pembelajaran menulis. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan angket.
Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa (1) implementasi pendekatan saintifik pada kegiatan
mengamati dilakukan guru dengan membagikan sebuah teks yang tidak hanya
bersumber dari buku tetapi teks dari internet, (2) implementasi pendekatan
saintifik pada kegiatan menanya dilakukan kegiatan tanya jawab dan peserta
didik, (3) implementasi pendekatan saintifik pada kegiatan mengumpulkan
informasi dilakukan siswa hanya melalui buku paket, (4) kegiatan menalar
dilakukan guru dengan membagikan teks berbeda berjudul “Cara Mematikan
Komputer” kemudian siswa melakukan analisis, dan (5) kegiatan
mengkomunikasikan dilakukan dengan menugaskan kelompok menyampaikan
hasil diskusi di depan kelas dan dilakukan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 167 |
Keywords: | IMPLEMENTASI, SAINTIFIK, KURIKULUM, MENULIS |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 06 Dec 2018 09:27 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31437 |