LUBIS, AHMAD SURYA (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG YANG MEMPENGARUHI SISWA LAKI-LAKI DALAM MEMILIH JURUSAN TATA BOGA DI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131142001 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5131142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
3. NIM. 5131142001 PREFECAE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 5131142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
5. NIM. 5131142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 5131142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM. 5131142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
12. NIM. 5131142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
13. NIM. 5131142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung yang
mempengaruhi siswa laki-laki dalam memilih jurusan Tata Boga di SMK Negeri 8
Medan meliputi: (1) bakat, (2) minat, (3) motivasi, (4) keluarga, (5) sarana dan
prasaran, (6) media belajar, (7) teman sebaya, (8) guru/tenaga pendidik, (9) media
massa, (10) teman bergaul diluar sekolah, (11) lapangan industri boga (12) faktor
pendukung yang paling dominan yang mempengaruhi siswa laki-laki dalam memilih
jurusan Tata Boga di SMK Negeri 8 Medan. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri
8 Medan.
Faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi siswa laki-laki dalam memilih
jurusan Tata Boga faktor internal yaitu: (a) Faktor Bakat sebesar 46,57% sebanyak 33
orang, tingkat kecenderungan sebesar 31,5% berada dalam kategori cukup. (b) Faktor
Minat sebesar 54,79% sebanyak 40 orang, tingkat kecenderungan Faktor minat
sebesar 50,68% berada dalam kategori tinggi (c) Faktor Motivasi sebesar 52,05%
sebanyak 38 orang, tingkat kecendengan sebesar 58,9% berada dalam kategori cukup.
Faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi siswa laki-laki dalam memilih jurusan
Tata Boga faktor external yaitu: (a) Faktor Keluarga sebesar 53,42% sebanyak 39
orang, tingkat kecenderungan sebesar 53,42% berada dalam kategori rendah (b)
Faktor Sekolah pada Sarana dan Prasarana sebesar 56,16% sebanyak 41 orang,
tingkat kecenderungan sebesar 32,87% berada dalam kategori cukup. (c) Faktor
Sekolah pada Media Belajar sebesar 54,79% sebanyak 40 orang, tingkat
kecenderungan sebesar 46,57% berada dalam kategori cukup (d) Faktor Sekolah pada
Teman Sebaya sebesar 56,16 sebanyak 41 orang, tingkat kecenderungan sebesar
31,5% berada dalam kategori cukup (e) Faktor Sekolah pada Guru/Tenaga Pendidik
sebesar 54,79% sebanyak 40 orang, tingkat kecenderungan sebesar 35,61% berada
dalam kategori cukup. (f) Faktor Lingkungan Masyarakat pada Media Massa sebesar
56,16% sebanyak 41 orang tingkat kecenderungan sebesar sebesar 32,87% berada
dalam kategori cukup (g) Faktor Lingkungan Masyarakat pada Teman Bergaul Diluar
Sekolah sebesar 57,53% sebanyak 42 orang, tingkat kecenderungan sebesar sebesar
34,24% berada dalam kategori cukup. (h) Faktor Lingkungan Masyarakat pada
Lapangan Industri Boga sebesar 56,16% sebanyak 41 orang, tingkat kecenderungan
sebesar 45,2% berada dalam kategori cukup. Faktor yang paling dominan
Mempengaruhi Siswa Laki-laki Dalam Memilih Jurusan Tata Boga pada faktor
internal adalah Minat, yaitu diperoleh sebanyak 40 orang (54,79%) dari 73 orang
menjawab sangat setuju dengan kategori rendah. Dan pada faktor eksternal adalah
Teman Bergaul Diluar Sekolah, yaitu diperoleh sebanyak 42 orang (57,73%) dari 73
orang menjawab sangat setuju dengan kategori kurang. Serta faktor Eksternal
merupakan faktor yang paling dominan dari keseluruhan faktor, yaitu diperoleh
sebesar 55,24%, yang lebih besar dari faktor Internal yang hanya sebesar 51,13%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BOGA 034 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:27 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31401 |