MUNIR, ZULFA (2018) PENGARUH METODE LATIHAN (DRILL) TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT DESAIN BUSANA PESTA PADA SISWI KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121141009 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM.5121141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5121141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM. 5121141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 5121141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 5121141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 5121141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 5121141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM. 5121141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 5121141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat desain
busana wanita pesta malam dengan menggunakan metode konvensional siswi kelas
XI Tata Busana SMK N 10 Medan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat
desain busana pesta malam dengan menggunakan metode latihan (drill) siswi kelas
XI Tata Busana SMK N 10 Medan. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
metode latihan (drill) yang signifikan terhadap hasil belajar membuat desain busana
pesta malam siswi kelas XI Tata Busana SMK N 10 Medan”.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri
10 Medan, sebanyak dua kelas dengan jumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sample
menggunakan Total Sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas XI
Tata Busana. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar membuat
desain busana pesta malam dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada hasil
membuat busana pesta malam. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji
homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk
membuat kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar
membuat desain busana pesta malam pada siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri
10 Medan untuk kelas eksperimen cenderung tinggi yaitu 43,3% sebanyak 13 siswi.
Dan tingkat kecenderungan hasil membuat desain busana pesta malam untuk kelas
kontrol cenderung rendah yaitu 71,42% sebanyak 20 siswi. Untuk uji normalitas data
menggunakan rumus Liliefors pada taraf signifikan70,05 dengan dk = 24, diperoleh
data hasil belajar membuat desain bsana pesta kelas eksperimen berdistribusi normal,
karena Lhitung < Ltabel = 0,026< 0,161 dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena
Lhitung < Ltabel = 0,137 < 0,167. Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,36 <
1,88 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen). Hasil
uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 28,9 dan ttabel
pada taraf signifikan 0,05 dk = 47 sebesar 1,7. Dengan demikian thitung > ttabel (28,9 >
1,7). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Latihan
(Drill) Terhadap Hasil belajar Membuat Desain Busana Pesta Siswa Kelas XI SMK
Negeri 10 Medan. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa penerapan metode
latihan (drill) baik digunakan di SMK Negeri 10 Medan terutama dalam mata
pelajaran Desain Busana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 047 |
Keywords: | Metode Latihan (drill), Hasil Belajar membuatBusana |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 10:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31389 |