RIDZUAN, M. (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112131009 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 5112131009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. NIM. 5112131009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 5112131009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 5112131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 5112131009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5112131009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 5112131009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM. 5112131009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 5112131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Instalasi
Motor Listrik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran
ekspositori pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun
Ajaran 2017/2018.
Model Pembelajaran yang digunakan adalah Model pembelajaran
berbasis proyek yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan
kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk pakam yang mengikuti sub
kompetensi Instalasi Motor Listrik yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas,
diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (kelas eksperimen)
dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan model pembelajaran
ekspositori (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 30 dan 27
orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 57 orang.
Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 3 kali
pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Perlakukan yang
diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang
telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas
penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan
hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada
siswa.
Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf
signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar
menggunakan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dari hasil
belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran ekspositori,
dimana thitung > ttabel, yaitu 5,944 > 1,674. Dari perhitungan diperoleh
sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Instalasi Motor
Listrik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan
menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas XI Program
Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1
Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 064 |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:42 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31376 |