LUMBAN GAOL, AYU RONAULI (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KREATIF TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN KELAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143351005_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1143351005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 1143351005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4. NIM. 1143351005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
5. NIM. 1143351005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6. NIM. 1143351005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143351005_BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
12. NIM. 1143351005_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM. 1143351005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok
Teknik Kreatif Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah : Adakah pengaruh konseling kelompok teknik kreatif terhadap
kecemasan berbicara di depan kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan Tahun
Ajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu dengan one pre-test – post-test group design.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2018. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-4. Sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII-4 yang diambil dengan metode random sampling yang terdiri dari 10
orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kecemasan
berbicara di depan kelas. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan
konseling kelompok teknik kreatif. Kemudian data dianalis menggunakan uji
wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok
teknik kreatif terhadap kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa.
Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada
kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 91,3, standar deviasi = 97, 869 sedangkan
skor (post-test) diperoleh rata-rata = 63,7, standar deviasi = 66, 871. Hal ini dapat
dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jenjang Wilcoxon
diperoleh Jhitung = 10 sedangkan Jtabel = 8. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang
bertanda Wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan
penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Uji Jhitung > Jtabel dimana
10 > 8, dari perhitungan ini dapat dilihat pengaruh perlakuan pada kelompok
eksperimen artinya pengaruh konseling kelompok teknik kreatif lebih signifikan (10
> 8). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian konseling
kelompok teknik kreatif terhadap kecemasan berbicara di depan kelas siswa kelas
VIII SMP Negeri 16 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 101 |
Keywords: | KONSELING KELOMPOK, TEKNIK KREATIF, KECEMASAN BERBICARA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 09:41 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31374 |