PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP DAYA INGAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK

Lubis, Asnarni (2011) PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP DAYA INGAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500809425003 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Bab V.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 1500809425003 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500809425003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat meningkatan hasil belajar peserta didik, perbedaan daya ingat peserta didik dan interaksi media mind mapping dengan menggunakan strategi PQ4R yang dimodifikasi dengan media mind mapping. Penelitian dilaksanakan di Pesantren Darularafah pada kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, VIII-D sebagai kelas eksperimen II dengan strategi PQ4R dan kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen I dengan strategi PQ4R dengan modifikasi media mind mapping. Data hasil belajar peserta didik dan daya ingat peserta didik dianalisis dengan menggunakan Two Way Anova, dengan syarat penerimaan hipotesis adalah sig < 0,05. Dan hasil data yang dianalisis dengan menggunakan SSPS 15, maka diketahui bahwa terdapat meningkatan hasil belajar peserta didik dengan kelas eksperimen I dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen II dan kelas kontrol (0,00 < 0,05), namun pada kelas yang diberi perlakuan kelas eksperimen II tidak ada peningkatan terhadap kelas kontrol (0,286 > 0,05). Untuk daya ingat juga terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas yang diberi perlakuan kelas eksperimen I dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diberi eksperimen II dan kelas konvensional (0,00 < 0,05), namun pada kelas eksperimen II tidak perbedaan terhadap kelas kontrol (0,955 > 0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat interaksi media mind mappping terhadap daya ingat dan hasil belajar peserta didik. Dalam hasil observasi diperoleh aktivitas didalam kelas eksperimen I lebih baik dibanding dengan kelas eksperimen II dan kelas kontro1, serta dalam proses pembelajaran peserta didik lebih aktif dan keadaan kelas lebih nyaman dan kondusif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Lub p
Keywords: Belajar;Strategi;Pembelajaran;Media;Media Programs (Education);Kimia;Zat;
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 08 Jun 2016 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3135

Actions (login required)

View Item
View Item