MUNGKUR, RIANDI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM STARTER DI SMK N 1 MANDUAMAS TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131122005 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 5131122005 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM. 5131122005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 5131122005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 5131122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 5131122005 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5131122005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5131122005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM. 5131122005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM. 5131122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada Sistem
Starter dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di kelas XI
TKR SMK N 1 Manduamas, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada Mata
pelajaran Sistem Starter dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif
Learning, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching
terhadap hasil belajar Sistem Starter pada program teknik otomotif siswa kelas XI
SMK N 1 Manduamas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI SMK N 1 Manduamas yang berjumlah 90 siswa. Pengambilan sampel
digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60
siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar Sistem Starter.
Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis
menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Sistem
Starter kelas eksperimen (menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching)
diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,2 dan standar deviasi 6,488 dengan tingkat
kecenderungan nilai tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan
Model Pembelajara Kooperatif Learning) diperoleh nilai rata-rata 71,33 dan
standar deviasi 8,539 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 56,67 % .
dibandingkan dengan t tabel pada taraf = 0,05, yaitu sebesar 1,671. Hasil uji-t
diperoleh nilai t_hitung > t_tabel, atau 2,999 > 1,671 maka dengan ini Ho ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching
lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif learning
terhadap hasil belajar Sistem Starter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 014 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING, KOOPERATIF LEARNING, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 09:29 |
Last Modified: | 03 Jan 2019 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31308 |