SIADARI, ANGGI PURNAMA (2018) ANALISIS INTERAKSI SOSIAL DISOSIATIF DALAM KUMPULAN CERPEN POTONGAN CERITA DI KARTU POS KARANGAN AGUS NOOR DAN KEBERMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN BACAAN PADA PEMBELAJARAN SASTRA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143311007 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM 2143311007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. NIM 2143311007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM 2143311007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM 2143311007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
6. NIM 2143311007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
8. NIM 2143311007 BAB I.pdf - Published Version
Download (717kB) | Preview
12. NIM 2143311007 BAB V.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
13. NIM 2143311007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis interaksi sosial
disosiatif yang terdapat dalam kumpulan cerpen “Potongan Cerita di Kartu Pos”
karangan Agus Noor dan kebermanfaatannya sebagai bahan bacaan sastra di
SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan cara deskriptif
analisis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan sosiologi sastra dengan kajian teks. Data dalam
penelitian ini adalah kalimat yang mengandung interaksi sosial disosiatif”. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka, simak dan catat. Teknik
analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif seperti yang
diungkapkan oleh Miles dan Huberman. Sumber data untuk melihat
kebermanfaatan yaitu guru bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IPS 1 di SMA
Negeri 1 Stabat Kabupaten Langkat sebanyak 34 responden. Untuk mengetahui
kebermanfaatan dilakukan dengan observasi, angket/kuisioner dan wawancara.
Dari hasil penelitian diperoleh 10 data interaksi sosial disosiatif dalam bentuk
Persaingan, Kontravensi, dan Pertentangan atau Pertikaian. Kebermanfaatan
kumpulan cerpen “Potongan Cerita di Kartu Pos” dilihat dari jawaban angket
siswa yang menjawab selalu sebanyak 85,9%. Sesuai dengan kriteria persentase
menurut Sugiyono (2011:118) dinyatakan kumpulan cerpen “Potongan Cerita di
Kartu Pos” karangan Agus Noor bermanfaat dijadikan bahan bacaan sastra di
SMA. Kebermanfaatan kumpulan cerpen “Potongan Cerita di Kartu Pos” juga
dilihat dari jawaban tiga orang guru bahasa Indonesia yang menyatakan kumpulan
cerpen “Potongan Cerita di Kartu Pos” bermanfaat dijadikan bahan bacaan sastra
di SMA karena di dalam kumpulan cerpen mengandung nilai-nilai kehidupan
yang dapat dijauhi dan di teladani oleh peserta didik, serta mengajarkan peserta
didik tentang interaksi sosial disosiatif .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 163 |
Keywords: | INTERAKSI SOSIAL DISOSIATIF; KUMPULAN CERPEN; KEBERMANFAATAN; BAHAN BACAAN |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 09:21 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 09:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31300 |