Lumban Tobing, Ida Berliana (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI BERMAIN PLAYDOUGH DI PAUD BERSAMA BINJAI T/A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
02 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
03 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
04 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
06 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14 NIM 1123313012 IDA BERLIANA LUMBAN TOBING - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah kemampuan motorik halus anak masih kurang
baik.anak masih mengalami kesulitan dalam melakukan gerak koordinasi motorik halus
anak,dalam hal ini gerakan tangan.sedangkan kemampuan motorik halus anak usia dini
sangat penting untuk dikembangkan.padahal kegiatan ini dapat menarik minat anak untuk
belajar seraya bermain.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus
anak usia 5-6 tahun di PAUD Bersama melalui kegiatan bermain playdough.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Objek penelitian adalah
mengembangkan kemampuan motorik halus anak usis 5-6 tahun di PAUD Bersama T.A
2017-2018.Subjek peneliti ini adalah anak kelas B yang berjumlah 25 orang.proses penelitian
ini dilakukan melalui II siklus.pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 30,08%, yang berarti rata-rata
kemampuan motorik halus anak pada kriteria cukup.pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai
rata-rata anak 38,08%,yang berarti rata-rata kemampuan motorik halus anak pada kriteria
cukup.pada siklus II pertemuan I perkembangan kemampuan motorik halus baik sebanyak
18 orang (72%),dan perkembangan kemampuan motorik halus cukup sebanyak 7 orang
(28%).siklus II pertemuan II kemampuan motorik halus anak semakin meningkat,dimana
sebanyak 16 orang anak (64%)kemampuan motorik halusnya sangat baik dan 9 orang anak
(36%) berkembang dengan baik.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain playdough pada
pembelajaran dapat meningkatan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 087 |
Keywords: | kemampuan motorik halus,playdough |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 23 Nov 2018 14:11 |
Last Modified: | 13 Dec 2018 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31292 |