Hasanah, Nurul (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI GAYA MAGNET PADA SISWA KELAS V SDN 056633 KECAMATAN GEBANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166181040 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8166181040 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM 8166181040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 8166181040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 8166181040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM 8166181040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 8166181040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM 8166181040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 8166181040 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
13. NIM 8166181040 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 8166181040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based
learning terhadap keterampilan proses sains, kemampuan pemecahan masalah dan
kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik tema VII materi
Gaya Magnet di SDN 056633 Kecamatan Gebang. Metode penelitian yang
digunakan adalah quasi eksperiment dengan populasi terdiri dari 3 kelas paralel.
Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling, dimana kelas VA sebagai
kelas eksperimen I, VB eksperimen II, dan VC sebagai kontrol. Teknik analisis
data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS
23.00 for windows. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes
berbentuk pilihan berganda dan uraian. Hasil analisis data diperoleh model
problem based learning (masalah dari siswa) lebih baik dari model problem based
learning (masalah dari guru) dan model direct instruction: (1) Keterampilan
proses sains memiliki nilai (mean= 87,60) dengan signifikansi 0.006 < 0.05; (2)
Pada kemampuan pemecahan masalah nilai (mean= 87,50) dengan signifikansi
0.00 < 0.05; dan (3) Kemampuan berpikir kritis siswa memiliki nilai (mean=
88,20) dengan signifikansi 0.00 < 0.05
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Has p |
Keywords: | Problem Based Learning, Direct Instruction, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2018 07:26 |
Last Modified: | 16 Nov 2018 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31284 |