Dalimunthe, Zahrani (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA VENTURIMETER PADA FLUIDA DINAMIS DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8166176022 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 NIM. 8166176022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3 NIM. 8166176022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4 NIM 8166176022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5 NIM 8166176022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
5 NIM 8166176022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6 NIM 8166176022 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7 NIM 8166176 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8 NIM 8166176022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9 NIM 8166176022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13 NIM 8166176022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14 NIM 8166176022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran fisika selama ini terjebak pada rutinitas metode yang bersifat kapur dan
tutur (chalk and talk). Inovasi pembelajaran diharapkan memberikan kontribusi
kepada guru dan siswa agar tercapainya suatu pembelajaran yang lebih baik. Salah
satu inovasi pembelajaran yang dibutuhkan adalah penggunaan media berupa alat
peraga dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas,
kepraktisan dan keefektifan alat peraga venturimeter pada fluida dinamis. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan
menggunakan desain ADDIE meliputi tahapan analyze, design, development,
implementation, dan evaluation yang dikemukakan Robert Maribe Branch. Penelitain ini
dilakukan di sekolah SMA N 3 Kota Langsa dengan populasi sebanyak 30 siswa. Alat
peraga yang dikembangkan adalah alat peraga venturimeter menggunakan blower. Alat
peraga venturimeter divalidasi oleh tiga validator ahli media dengan nilai validasi sebesar
89,6% dengan kategori sangat baik, kepraktisan alat peraga venturimeter dari tanggapan
siswa sebesar 96,9%, keterlaksaan pembelajaran sebesar 83,3% dan keefektifan alat peraga
venturimeter yang dikembangkan dari hasil pembelajaran klasikal sebesar 89% siswa tuntas
dalam pembelajaran menggunakan alat peraga venturimeter, hasil pengamatan aktivitas siswa
adalah 81,19%.Alat peraga venturimeter yang dikembangkan dengan menggunakan desain
ADDIE layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 532.071 2 Dal p |
Keywords: | pengembangan, desain ADDIE, alat peraga, venturimeter. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound Q Science > QC Physics > QC474 Radiation physics (General) Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 07:51 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31275 |