Purba, Abdon Purwanto PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIANIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN COOERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (871kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. BAB 1.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. BAB 5.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang
dikembangkan, (2) mengetahui efektifitas media pembelajaran dalam meningkatkan
hasil belajar musik siswa. Rancangan media pembelajaran menggunakan metode
pengembangan Research and Development (R & D) dengan Model Dick & Carey
dikombinasikan dengan Model Pembelajaran Kooperatif. Pengembangan media
pembelajaran ini menggunakan program aplikasi flash Macromedia. Subyek
penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di Husni Thamrin Medan tahun ajaran
2017/2018. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap hasil belajar seni
musik pada siswa yang diberikan dengan menggunakan media pembelajaran yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran seni musik,
ditemukan bahwa skor hasil belajar siswa dari 40 responden tersebar pada rentan 50-
100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor terendah 50 dan skor tertinggi 100,
rata-rata 72,50 dan median 70 dan standar deviasi 9,45. Berdasarkan hasil
perhitungan, maka diperoleh data yang t hitung > t tabel atau 4,51> 1,67 atau dengan
kata lain Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
menggunakan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran seni musik lebih
tinggi daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran
konvensional dengan efektifitas interaksi sebesar 73,67%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.2 Pur p |
Keywords: | media pembelajaran, musik, pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 05:20 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 05:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31267 |