DALIMUNTHE, DINDA PURNAMA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 2143111017 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2.NIM 2143111017 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3.NIM 2143111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4.NIM 2143111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5.NIM 2143111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6.NIM 2143111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
8.NIM 2143111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.NIM 2143111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13.NIM 2143111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14.NIM 2143111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe round table terhadap kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Medan pada kelas
VIII tahun pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuasi eksperimen dengan one group post test design. Penelitian ini mengambil sampel
sebanyak 30 siswa kelas eskperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan
menulis teks ulasan. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis tek ulasan
sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table menunjukkan hasil
dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50 yang diperoleh dari 30 sampel, yang memiliki
nilai rata-rata 66, 16 termasuk pada kategori cukup, sedangkan sesudah mengunakan model
pembelajaran kooperatif tipe round table menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 90 dan
nilai terendah 65, yang memiliki nilai rata-rata 83 termasuk pada kategori baik. Sebelum
dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi
normal. Hasil ini dilihat dari uji hipotesis thitung > ttabel (7,94 >2,01) dengan demikian
ditolak dan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
round table mempengaruhi kemampuan menulis teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 136 |
Keywords: | Model Pemebelajaran Kooperatif Tipe Round Table; Kemampuan Menulis; Teks Ulasan |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 11:39 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31214 |