LUMBAN GAOL, NATANAEL SUSETYO (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SASIS DAN SUSPENSI (MSS) KELAS XI TEKNIK KENDRAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 1. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133122020 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 5133122020 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
3. NIM. 5133122020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 5133122020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
5. NIM. 5133122020 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 5133122020 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 5133122020 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5133122020 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM 5133122020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 5133122020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mempunyai batasan masalah yakni rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Memperbaiki Sasis dan Suspensi (MSS) pada kompetensi dasar Memahami unit kopling di kelas XI Teknik Kendraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Jigsaw pada mata pelajaran Memperbaiki Sasis dan Suspensi pada kompetensi memahami unit kopling di kelas XI Teknik Kendraan Ringan (TKR) SMK Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksperimen yaitu dengan mengelompokkan sampel penelitian menjadi dua kelas. Sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelas yakni, kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas XI TKR 1 berjumlah 24 siswa (kelas Kontrol) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw di kelas XI TKR 2 berjumlah 24 siswa (Kelas Eksperimen). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data utama dari penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar kedua kelas sampel yang dilakukan melalui uji t dengan menggunakan uji normalitas dan homongenitas.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis (Uji t) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 46, diperoleh thitung =2,0544 sedangkan ttabel = 2,0147. Karena thitung > ttabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw pada materi sistem kemudi di kelas XI TKR SMK Negeri 1 Pollung Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 OTM 010 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Jigsaw, Konvensional,Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 11:18 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 05:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31197 |