SITINJAK, FINNY CORNELIA (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA KELAS VIII SMP KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151019_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143151019_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 1143151019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4. NIM. 1143151019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 1143151019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 1143151019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1143151019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143151019_BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 1143151019_BAB V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM. 1143151019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap tanggung jawab siswa dalam
mematuhi tata tertib sekolah pada kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan T.A.
2018/2019. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan
kelompok teknik diskusi terhadap tangung jawab siswa dalam mematuhi tata tertib
sekolah pada kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan T.A. 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dengan jenis penelitian pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest
design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 8 orang.
Instrument yang digunakan adalah angket yang berjumlah 31 item pernyataan yang
telah valid dan reliabel. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan
bimbingan kelompok teknik diskusi.
Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data tersebut
diperoleh nilai Jhitung = 15 dengan = 0,05 dan n = 8, adapun Jtabel = 4. Dengan
demikian Jhitung > Jtabel dimana 15 > 4. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test
diperoleh rata – rata sebesar 58,8 sedangkan data post-test atau setelah diberikan
bimbingan kelompok teknik diskusi diperoleh skor rata-rata sebesar 74. Selisih antara
pre-test dan post-test sebesar 15,2 dan perubahan interval tanggung jawab siswa
dalam mematuhi tata tertib sekolah setelah diberi layanan bimbingan kelompok
teknik diskusi sebesar 25,85%. Artinya skor rata-rata siswa yang memiliki tanggung
jawab dalam mematuhi tata tertib rendah setelah mendapat bimbingan kelompok
teknik diskusi lebih tinggi dari pada sebelum mendapat bimbingan kelompok teknik
diskusi. Hal ini menunjukkan ada pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi
terhadap tanggung jawab siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah pada kelas VIII
SMP Kartika I-1 Medan T.A 2017/2018 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 076 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Tanggung Jawab, Mematuhi Tata Tertib Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 10:57 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31189 |