POHAN, AHMAD RIVAI (2018) PEMANFAATAN MODEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133111003 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 5133111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
3. NIM. 5133111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 5133111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 5133111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 5133111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5133111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM. 5133111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM. 5133111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
14. NIM 5133111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan pada siswa kelas XI Program
Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Medan belum optimal sesuai
dengan standart nilai KKM 75. Oleh sebab itu Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran gambar konstruksi
bangunan. Penelitian ini menggunakan model sebagai media pembelajaran. Jenis
penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan
siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik
Gambar Bangunan yang terdiri dari 31 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes
pilihan berganda. Dari hasil penelitian nilai aktivitas siswa siklus I hasil belajar
siswa yaitu pada rentang <75 sebesar 52% dengan kategori “tidak aktif”, pada
rentang 75 – 84 sebesar 48%, mengalami peningkatan aktivitas pada siklus I ke
siklus II sebanyak 19% dengan rentang nilai 93-100% dengan predikat “sangat
Aktif” dan peningkatan 71% dengan rentang nilai 85-92% dengan predikat
“Aktif” sedangkan pada hasil nilai belajar siswa siklus I yaitu pada rentang <75
sebesar 35% dengan kategori “tidak Kompeten”, pada rentang 75 – 79.49, sebesar
42%, pada rentang 79,50 – 87,99 sebesar 19 % dengan kategori “Kompeten” dan
pada rentang 88,00 – 100 sebesar 03 % dengan kategori “Sangat Kompeten”
mengalami peningkatan pada rentang nilai 88,00 – 100 dengan kategori nilai
“Sangat Kompteten” terjadi peningkatan sebesar 13%, dan pada rentang nilai
75,50 – 87,99 dengan kategori nilai “Kompeten”. Maka peningkatan nilai rata-rata
yang terjadi antara siklus I dan II untuk aktivitas belajar mencapai 88 dan untuk
hasil belajar mencapai 86 dengan persentase yaitu 100% . Hasil penelitian
menunjukkan pengajuan hipotesis dengan memanfaatkan model sebagai media
pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gambar konstruksi
bangunan siswa kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK
Negeri 5 Medan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 042 |
Keywords: | Gambar Konstruksi Bangunan, Media Pembelajaran, Model, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 09:25 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31141 |