PRAWIRA, NOFRI YUDHA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 5133111028 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2.NIM 5133111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (685kB) | Preview
3.NIM 5133111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
4.NIM 5133111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5.NIM 5133111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6.NIM 5133111028 TABLE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7.NIM 5133111028 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9.NIM 5133111028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13.NIM 5133111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
14.NIM 5133111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan
model pembelajaran Explicit Instruction pada mata pelajaran dasar-dasar
konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah dibandingkan dengan model
pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi
eksperimen dengan desain penelitian pre-test, perlakuan, dan post-test. Sebelum
menjaring data dilakukan uji coba instrument dengan hasil 15 butir tes yang
memenuhi syarat. Selanjutnya, sebelum analisis data terlebih dahulu di lakukan
uji normalitas dan homogenitas. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis
varians satu jalur. pre-test diperoleh Fhitung = 0,0409 < Ftabel = 4,04. Untuk post-test
diperoleh Fhitung = 4,091 > Ftabel = 4,04. H0 :μ1=μ2 ditolak dan Ha :μ1 ≠ μ2 diterima.
Maka, model pembelajaran Explicit Instruction memberikan hasil belajar yang
berbeda dibandingkan model pembelajaran konvensional, sehingga dapat
dilanjutkan dengan uji-t. Berdasarkan data uji-t dengan taraf signifikan 5%
diperoleh harga thitung = 2,064 > ttabel = 1,676. Dapat disimpulkan menggunakan
model pembelajaran Explicit Instruction memberikan hasil belajar yang lebih
tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata
pelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah siswa
kelas x progam keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan semester
genap tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 044 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, EXPLICIT INSTRUCTION, DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 09:23 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31139 |