Meydiana, Reka (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143121037 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 3143121037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
3. NIM. 3143121037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 3143121037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 3143121037 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 3143121037 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM. 3143121037 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 3143121037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM. 3143121037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM. 3143121037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
example non example terhadap hasil belajar sejarah di SMA Swasta Sultan
Iskandar Muda Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasi eksperimen, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X IPA SMA Swasta Sultan Iskandar Muda. Sampel dalam penelitian
ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini
melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Instrument yang digunkan
adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan 4
pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang di ajar dengan
model pembelajaran example non example pada kelas eksperimen memperoleh
nilai rata – rata pretest adalah 42,94, standar deviasi diperoleh 13,70 dan varians
diperoleh 187,78 nilai posttest pada kelas eksperimen diperoleh rata – rata 81,92,
standar deviasi diperoleh 6,74 dan varians diperoleh 45,54. Sedangkan hasil
belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas
kontrol diperoleh rata – rata pretest adalah 38,58, standar deviasi diperoleh 11,11
dan varians diperoleh 123,61, nilai posttest pada kelas kontrol diperoleh rata – rata
78,84, standar deviasi di peroleh 9,74 dan varians diperoleh sebesar 47,97 .
Adanya perbedaan hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab yaitu
2,26>1991dengan demikian dalam penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan
antara model pembelajaran example non example dengan model konvensional
yaitu lebih tinggi hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran example
non example.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 060 |
Keywords: | PENGARUH,MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE,HASIL BELAJAR SEJARAH |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 09:19 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31135 |