GURNING, DENNI (2018) PENGARUH MEDIA JOOBSHET TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT SAKU DALAM SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 LAGUBOTI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132141004 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 5132141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
3. NIM. 5132141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM. 5132141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM. 5132141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 5132141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 5132141004 ILLUSTRTION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
10. NIM. 5132141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
14. NIM. 5132141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
15. NIM. 5132141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil pembuatan saku dalam
pada garis sisi rok siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti yang diajar
dengan menggunakan media pembelajaran jobsheet. 2) Hasil pembuatan saku
dalam pada garis sisi rok kelas X SMK Negeri 1 Laguboti yang diajar dengan
mengguakan model konvesional, 3) Untuk mengetahui pengaruh media
pembelajaran jobsheet terhadap hasil belajar pembuatan saku dalam pada garis sisi
rok siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. Populasi penelitian
adalah seluruh kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti. Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik Random Sampling, yakni kelas X Tata Busana 2
sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X Tata Busana 3 sebanyak
30 orang sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian
yang membandingkan antara kelas yang diberikan perlakuan (eksperimen) dengan
kelas yang tidak diberikan perlakuan (kontrol). Pada kelas eksperimen diberikan
perlakuan pengajajaran dengan menggunakan media pembelajaran jobsheet,
sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pengajaran tanpa menggunakan
media pembelajaran jobsheet.
Penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan
media pembelajaran jobsheet (eksperimen) yaitu cenderung baik (86,7%) dengan
nilai rata – rata 88,7, nilai tertinggi 95 dan terendah 82, sedangkan hasil belajar
siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran jobsheet (kontrol)
cenderung cukup (93,2%) dengan nilai rata – rata 79,1, nilai tertinggi 85 dan
terendah 71. Kelas eksperimen berdistribusi normal karena Xhitung=-<Xtabel=
0,1336<0,161 dan kelas kontrol berdistribusi normal karena Xhitung=-<Xtabel 0,0859
<0,161 dan kedua varians data adalah homogen karena =1,10< =1,65.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dengan
menerapkan media pembelajaran jobsheet terhadap hasil belajar pembuatan saku
dalam pada garis sisi rok di kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti dengan
hasil perhitungan > = 21,81> 1,671 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 037 |
Keywords: | JOBSHEET, SAKU DALAM |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 09:18 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31134 |