AMBARITA, ARI PANAMA (2018) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS III SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT PERCUT SEU TUAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111008-COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 1143111008-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. NIM. 1143111008-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 1143111008 _KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 1143111008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6.NIM. 1143111008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 1143111008_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM. 1143111008_ BAB I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13. NIM.1143111008-BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14.NIM. 1143111008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada
materi Jenis-Jenis Pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat
belajar siswa pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan dengan menggunakan model
pembelajaran Scramble.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tindakan
model pembelajaran Scramble. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas III-A SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan T.A 2017/2018 yang
berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan II.
Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
angket, lembar observasi minat belajar siswa, dan lembar observasi untuk guru.
Berdasarkan analisis data sebelum dilakukan tindakan, hasil pemberian
angket minat belajar siswa kepada 25 orang siswa sebanyak 6 orang siswa yang
berminat (24%) dan 19 orang siswa yang tidak berminat (76%). Selanjutnya
dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble
dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 11 orang siswa yang berminat (44%)
dan 14 orang siswa yang tidak berminat (56%). Hal ini menunjukkan bahwa telah
terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 20% dari
keadaan awal. Kemudian dilanjutkan tindakan perbaikan pada siklus II dengan
tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 22 orang siswa yang berminat (88%) dan 3
orang siswa yang tidak berminat (12%). Hal ini menunjukkan peningkatan
keberhasilan yang dapat dilihat dari nilai angket awal, siklus I dan angket siklus II
sudah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu ≥ 70%.
Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPS materi
Jenis-Jenis Pekerjaan di Kelas III SD Negeri 104208 Cinta Rakyat Percut Sei
Tuan T.A 2017/2018 dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 458 |
Keywords: | MINAT BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 10:58 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31114 |