Asnidawati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN PENGGUNAAN PETA PIKIRAN PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 RANTAU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1500081188230076 Abstrak.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
1500081188230076 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
1500081188230076 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (652kB) | Preview
1500081188230076 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500081188230076 Bab V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
1500081188230076 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas untuk perbaikan pembelajaran Akuntansi kelas X SMKNegeri 1 Rantau Utara telah dilakukan untuk mencapai tujuan: (1) melakukan perbaikanperilaku siswa dalam belajar, (2) meningkatkan basil belajar siswa pada mata pelajaranAkuntansi, dan (3) menumbuhkan respon positif siswa terhadap penggunaan peta pikirandalam pembelajaran Akuntansi di kelas X SMK Negeri I Rantau Utara.Penelitian ini dilaksanakan sejak 26 September 2010 hingga 23 Nopember 2010.Lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Rantau Utara. Subjek penelitian adalah 40 orangdilakukan dalam 2 (dua) sildus_ Masing-masing siklus terdiri dari 1 (satu) pertemuan.Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan danrefleksi. Pembelajaran didesain dengan menggunakan teknik peta pikiran. Pengumpulandata dilakukan melalui observasi langsung terhadap parameter aktivitas siswa dalammengikuti pembelajaran. Teknik tes dilakukan untuk mengumpulkan data peningkatanbasil belajar siswa pada aspek kognitif dan angket digunakan untuk mengumpulkan datarespon siswa terhadap teknik peta pikiran yang diterapkan.Hasil penelitian diperoleh (1) aktifitas siswa dalam kegiatan pembelajaran denganmenggunakan teknik peta pikiran menunjukkan siswa telah memiliki pengalaman belajardengan memanfaatkan peta pikiran yang diindikasikan oleh kecenderungan peningkatanpersentase aktivitas siswa dan siklus 1 ke siklus 2; (2) ketuntasan belajar siswa mengalamipeningkatan yakni pada siklus I 75%, siklus II 90%; dan (3) siswa memberikan responsangat positif (sangat senang dan bertninat) mengikuti pembelajaran dengan teknik petapikiran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.23 Asn m |
Keywords: | Belajar;Kelas; Akuntans |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 May 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3109 |