Audina, Rini (2018) PENALARAN MORAL SISWA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 16 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
10. NIM. 1143351025-BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
14. NIM. 1143351025-BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
15. NIM. 1143351025-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
1. NIM.1143351025-COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM.1143351025-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM. 1143351025-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
8. NIM. 1143351025-DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM. 1143351025-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 1143351025-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6. NIM. 1143351025-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
3. NIM. 1143351025-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang
penalaran moral siswa secara umum yang ditinjau dari variabel Jenis Kelamin
(laki-laki dan perempuan) serta merumuskan program bimbingan dan konseling
terkait penalaran moral siswa di SMP Negeri 16 Medan tahun ajaran 2018/2019.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 siswa/siswi kelas VIII SMP
Negeri 16 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random
sampling metode undian.
Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan angket
kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis statistik.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) penalaran moral siswa
kelas VIII secara umum berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 2 orang
(4%),pada kategori tinggi sebanyak 19 orang (35%), pada kategori sedang
sebanyak 12 orang (22%),pada kategori rendah sebanyak 16 orang (30%), dan
pada kategori sangat rendah sebanyak 5 orang (9%).
Penalaran moral siswa yang ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki
dan perempuan) menunjukkan bahwa jenis kelamin laki-laki berada pada kategori
tinggi 8 orang (28%)seangkan jenis kelamin perempuan berada dikategori tinggi
11 orang (44%) berdasarkan data diatas, dirumuskan program bimbingan dan
konseling yang memuat program tahunan,program semester dan program
mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dengan sub bidang
pengembangan penalaran moral disekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 068 |
Keywords: | PENALARAN MORAL SISWA, BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 23 Oct 2018 10:18 |
Last Modified: | 23 Oct 2018 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31079 |