GULTOM, INDRA SUPERJANTO (2018) HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN KEJURUAN DAN SIKAP KERJA DENGAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5133121019 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 5133121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM. 5133121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM. 5133121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 5133121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 5133121019 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5133121019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 5133121019 CHAPTHER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 5133121019 CHAPTHER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 5133121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Minat
Masuk Pendidikan Kejuruan dan Sikap Kerja secara bersama-sama dengan
Prestasi Belajar Menggambar Teknik siswa Kelas X Program Keahlian Teknik
Pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Metode
penelitian bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa
kelas X kompetensi keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam
berjumlah 108 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah 84 orang siswa
kelas X yang ditentukan dengan metode proporsional random sampling. Data
penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi, dimana data
penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Minat Masuk Pendidikan
Kejuruan dan Sikap Kerja Siswa. Sedangkan untuk variabel Prestasi Belajar Mata
Pelajaran Menggambar Teknik dijaring dengan menggunakan data dokumentasi.
Jumlah instrumen angket Minat Masuk Pendidikan Kejuruan sebanyak 40
pernyataan dan 33 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,908 tergolong
sangat tinggi. Sedangkan jumlah instrumen angket Sikap Kerja Siswa sebanyak
40 pernyataan dan 33 pernyataan yang valid dengan reliabilitas 0,929 dan
tergolong sangat tinggi. Hasil analisis hipotesis penelitian menunjukkan bahwa
terdapat korelasi antara Minat Masuk Pendidikan Kejuruan dengan Prestasi
Belajar Menggambar Teknik sebesar rhitung > rtabel yaitu 0,551 > 0,214 dan besar
h t t t (4,389 > 1,66) α =5. Terdapat korelasi antara Sikap Kerja dengan prestasi
belajar menggambar teknik mesin dengan koifisien korelasi rhitung > rtabel yaitu
0,582 > 0,214 dan besar h t t t (6,487 > 1,66) α = 5. Terdapat korelasi secara
bersama-sama antara minat masuk pendidikan kejuruan dan sikap kerja dengan
prestasi belajar menggambar teknik dengan koifisien korelasi rhitung > rtabel yaitu
0,527 > 0,214, dengan Fh > Ft atau 45,111 > 3,109 maka dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa persamaan regresi antara variabel Minat masuk pendidikan
kejuruan (X1) dan Sikap kerja (X2) dengan Prestasi Belajar Menggambar Teknik
(Y) yaitu : Ŷ = 13,019+ 0,402 X1 + 0,307 X2 adalah berarti pada α = 5. Dengan
demikian dapat diterima hipotesis: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti
antara Minat masuk pendidikan kejuruan dengan Prestasi Belajar Menggambar
Teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. (2)
Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Sikap kerja dengan Prestasi
Belajar Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1
Lubuk Pakam. (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat masuk
pendidikan kejuruan dan Sikap kerja secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar
Menggambar Teknik siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk
Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 055 |
Keywords: | MINAT SEKOLAH PENDIDIKAN KEJURUAN, SIKAP KERJA, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 16:42 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/31073 |