Nurmala (2018) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM INDUKSI MAGNETIK PADA SOLENOIDA UNTUK MENGEKSPLORASI PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166176014 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM 8166176014 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3. NIM 8166176014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM 8166176014 KATA PEGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 8166176014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 8166176014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 8166176014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 8166176014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM 8166176014 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM 8166176014 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 8166176014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan alat praktikum
induksi magnetik pada solenoida yang disertai dengan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) yang dapat mengeksplorasi pemahaman konsep siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian model pengembangan ADDIE.
Sebelum digunakan lebih luas, alat praktikum dan LKPD diuji kelayakan yang
dilakukan oleh tujuh guru fisika profesional yang berperan sebagai validator. Respon
siswa juga digunakan untuk melihat kelayakan alat setelah siswa melakukan
praktikum. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan untuk alat
praktikum oleh validator sebesar 1,00 dengan alat praktikum memiliki spesifikasi
untuk menentukan medan magnet pada solenoida berupa variasi pada jumlah lilitan,
arus dan panjang solenoida. Penilaian LKPD sebesar 1,00, sehingga dapat dikatakan
alat praktikum induksi magnetik pada solenoida dan LKPD termasuk dalam kriteria
sangat layak. Hasil respon siswa sebesar 0,88 dengan kriteria sangat layak. Hasil uji
gain menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa setelah dilakukan
pembelajaran menggunakan alat praktikum induksi magnetik sebesar 0,45 dan
ketuntasan sebesar 70% kriteria masing-masing sedang. Hal ini menunjukkan bahwa
alat praktikum induksi magnetik pada solenoida dapat mengeksplorasi pemahaman
konsep siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 528.79 Nur p |
Keywords: | Alat Praktikum, Pemahaman Konsep, Induksi, Solenoida |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 01:58 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30988 |