SITUMORANG, RUTHSI D (2018) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA DI KECAMATAN RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341065 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 7143341065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. NIM. 7143341065 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4. NIM. 7143341065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 7143341065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
6. NIM. 7143341065 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 7143341065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7143341065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13. NIM. 7143341065 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM. 7143341065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan latar belakang tingkat pendidikan orang tua dan pola asuh yang di terapkan orang tua yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui: Pertama, pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Kedua, pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Dan Ketiga, pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA di Kecamatan Raya Kabupaten
Simalungun yang terdiri dari 2 (dua) sekolah yakni di SMA Negeri 1 Raya dan SMA Swasta GKPS 1 Pematang Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 178 siswa dengan 90 orang sebagai sampel penelitian. Teknik sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear
berganda dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini yaitu: Y = 14,461 + 0,505X1 + 0,421X2. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: Tingkat Pendidikan Orang Tua berpengaruh postif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diketahui melalui pengujian hipotesis dengan peroleh nilai thitung tingkat pendidikan orang tua sebesar 5,707 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Hal ini dapat diketahui dari nilai thitung sebesar 4,241 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai Fhitung sebesar 48,652. Koefisien determinasi (R2) di peroleh sebesar 0,528
yang artinya adalah sebesar 52,8% kedua variabel ini mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 094 |
Keywords: | Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30983 |