Hasanah, Arisah (2018) INOVASI BUKU AJAR BERBASIS RISET PENGAKARAN TANAMAN NANAS (Ananas comosus L.) ASAL SIPAHUTAR SECARA IN VITRO PADA MATAKULIAH KULTUR JARINGAN TANAMAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8156173022 01. COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
NIM. 8156173022 02. lembar pengesahan + persetujuan + plagiat.pdf - Published Version
Download (840kB) | Preview
NIM. 8156173022 03. Abstrak B. Indonesia + B. inggris.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
NIM. 8156173022 04. Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
NIM. 8156173022 05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM. 8156173022 06. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
NIM. 8156173022 07. Daptar gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM. 8156173022 08. Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
NIM. 8156173022 09. BAB 1.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
NIM. 8156173022 13. BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
NIM. 8156173022 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
Abstract
Buku ajar yang dikembangkan berupa buku berbasis riset Pengakaran Tanaman
Nanas (Ananas comosus L.) Asal Sipahutar secara In Vitro. Inovasi buku ajar
yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan buku ajar matakuliah kultur
jaringan tanaman yang akan digunakan sebagai salah satu sumber buku penunjang
belajar bagi mahasiswa Pendidikan Biologi S1 Universitas Negeri Medan.
Pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan,
yang terdiri atas empat tahap (four-D Models) yaitu tahap define (pendefinisian),
tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) serta disseminate
(penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap
develop. Model pengembangan ini merupakan model desain pembelajaran yang
berorientasi pada produk. Data diperoleh diawali dengan analisis kebutuhan,
perancangan produk, pembuatan produk, validasi produk dan ujicoba produk.
Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian pengembangan
menggunakan instrument kelayakan dan angket responden. Data dianalisis secara
deskriptif. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan buku ajar yang disusun telah
memenuhi syarat kelayakan. Tingkat kelayakan sajian materi sebesar 92% dengan
kategori valid, kelayakan sajian pembelajaran sebesar 90% dengan kategori valid,
kelayakan sajian desain buku sebesar 97,4 % dengan kategori valid. Hasil respon
dosen terhadap buku sebesar 93% dengan kategori sangat menarik. Hasil uji
perorangan mahasiswa sebesar 82%, uji kelompok kecil mahasiswa sebesar 83,9%
dan uji kelompok terbatas mahasiswa sebesar 81,82% dengan kategori valid dan
layak untuk digunakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.7 Has i |
Keywords: | Pengembangan buku ajar, kultur jaringan tanaman, berbasis riset |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:56 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30920 |