Rambe, Maidi (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 6 KISARAN KABUPATEN ASAHAN. Masters thesis, UNIMED.
1500061188130019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
1500061188130019 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
1500061188130019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
1500061188130019 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1500061188130019 Bab V.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
1500061188130019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan dan tuntutan pada mutu pendidikan dewasa ini, manajemen mutu berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan menarik untuk dikaji secara mendalam dalam dunia pendidikan. Hal ini berdasarkan realitas di lapangan (sekolah) bahwa kebutuhan akan mum belum mendapat perhatian dari semua unsure warga sekolah, apalagi menggalinya agar menjadi bagian yang tertanam dalam cam berpikir, berperilaku, dan bertindak yang berorientasi pada mutu. Oleh sebab itu, fokus masalah penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan di SMP 6 Kisaran, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah transparansi penyusunan perencanaan program pembelajaran dalam implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di SMP Negeri 6 Kisaran, (2) Bagaimanakah partisipasi warga sekolah menyusun perencanaan program pembelajaran di sekolah dalam implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di SMP Negeri 6 Kisaran, dan (3) Bagaimanakah implementasi perencanaan program pembelajaran dalam manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di SMP 6 Kisaran. Sedanglcan tujuan penelitian adalah memperoleh gambaran yang konkrit mengenai Implementasi manajemen peningkatan mum berbasis sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP 6 Kisaran.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman, analisis data kuatitatif model interaktif yang prosesnya terdiri dari; (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran yang mencakup: a) penyusunan kurikulum, b) transparansi penyusunan perencanaan program pembelajaran, dan c) implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan pengorganisasian pembelajaran serta evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 6 Kisaran sudah berjalan dan sesuai dengan kemampuan dan potensi sumber daya sekolah, (2) Dengan persiapan penyusunan program pembelajaran yang dilakukan lebih awal, guru akan lebih siap untuk mengajar dikelas. Banyak manfaat yang diperoleh guru setelah membuat persiapan pembelajaran karena diketahui bahan materi dan penjabaran materi pelajaran yang akan di berikan kepada siswa, metode penyajian yang dianggap paling cocok dan efektif, sarana dan media yag paling sesuai dan perkiraan waktu yang diperlukan untuk membahas materi yang ada pada setiap pertemuan atau semester, dan (3) Dari data perkembangan prestasi SMP Negeri 6 Kisaran sebagai dari hasil implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran adalah lebih didasari dari kemampuan manajerial kepala sekolah, disamping keterlibatan dari semua warga sekolah (guru, pegawai, siswa, orangtua siswa, dan stakeholder). Dan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran pendidikan di SMP 6 Kisaran telah berjalan efektif dan berorientasi mutu. Hal ini berdasar pada efektivitas program pembelajaran yang tidak sekedar transfer pengetahuan tetapi lebih menekankan pada internalisasi pada pengembangan ranah kognitif, afektif, psikomotor, dan kemandirian
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.200 68 Ram i |
Keywords: | Mutu pembelajaran; Sekolah; Manajemen; Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3079 |