Habibi, M. Ridha and Situmeang, Chandra and Hidayat, OK Sofyan and Marbun, Hendra Agustinus (2017) PEMODELAN PERHITUNGAN BIAYA PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN BERBASIS AKTIVITAS PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI PROPINSI SUMATERA UTARA. Project Report. UNSPECIFIED, Medan.
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
FULLTEXT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung biaya unit untuk menghasilkan satu lulusan sekolah menengah tingkat menengah. Perhitungannya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)diperlukan karena sampai dengan saat ini didistribusikan dengan jumlah yang sama di seluruh
wilayah Indonesia dan untuk semua jurusan. Hal ini kemungkinan besar kurang optimal karena sebenarnya ada perbedaan karakteristik yang sangat mendasar antara lain kapasitas ekonomi masing-masing daerah, standar biaya untuk masing-masing wilayah, dan jenis departemen di
sekolah. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berasumsi bahwa analisis biaya harus dilakukan dengan mempertimbangkan hal-hal ini sebagai dasar untuk menyediakan dana BOS yang disesuaikan dengan karakteristik tertentu. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah data provinsi sumatera utara. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yang dalam laporan kemajuan ini baru mencakup survei di wilayah Sumatera Utara. Tahapan survei untuk mendapatkan data yang kemudian dianalisis dengan data terkait seperti pendapatan masyarakat, hasil belajar meialui nilai
ujian nasional, biaya kuliah, dan kondisi fasilitas belajar. Hasil analisis korelasi antara variabel menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara
pendapatan rata-rata dengan rata-rata uang sekolah yang dibayarkan oleh masyarakat dan antara rata-rata uang sekolah yang dibayarkan oleh masyarakat dengan kualitas sarana pendidikan. Hasi1 analisis korelasi juga menunjukkan hubungan moderat antara rata-rata biaya kuliah dengan hasil belajar diukur melalui ujian nasional dan hubungan antara tingkat kualitas fasilitas pendidikan
dengan rata-rata ujian nasional. Sedangkan hubungan antara rata-rata penghasilan dengan rata-rata ujian nasional tidak memiliki hubungan yang kuat. Basil analisis korelasi menyimpulkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menghitung biaya unit. Hasil perhitungan tersebut dapat dijadikan rekomendasi bagi pengambil kebijakan untuk mengevaluasi dana dana sistem dana untuk memperhatikan karakteristik seperti tersebut di atas.
Hasil lain yang telah diperoleh pada tahun pertama adalah model perihtungan Activirty Based Costing (ABC) dalam menghitung nilai besaran unit cost per masing-masing siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Model tersebut akan dapat digunakan sebagai instrumen untuk menghitung nilai besaran biaya untuk menghasilkan satu orang lulusan SMK dengan memperhartikan karakteristik wilayah dan jurusan masing-masing. Model ini hanya membutuhkan
data biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan proses pembelajaran berdasarkan karakteristik yang ditentukan tersebut. Penelitian ini akan dilanjutkan pada tahun kedua untuk mengurnpulkan data yang diperlukan oleh instrumen yang teJah dihasilkan agar dapat menghasilkan nilai unit cost per siswa. Data tersebut akan diperoleh melalui pengumpulan data lapangan di seluruh kabupaten
dan kota di Sumatera Utara.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Keywords: | Bantuan Operasional Sekolah; Activity Based Costing; Sekolah Menengah Kejuruan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB522 Income. Factor shares L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 07:41 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30781 |