Simajuntak, Justini (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8156122039 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2 NIM. 8156122039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3 NIM. 8156122039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4 NIM. 8156122039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5 NIM. 8156122039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6 NIM. 8156122039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7 NIM. 8156122039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8 NIM. 8156122039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9 NIM. 8156122039 BAB I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
13 NIM. 8156122039 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14 NIM. 8156122039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian 144
siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Trisakti Medan TP 2017/2018. Sebanyak 72
siswa dari dua kelas yang dipilih dengan cluster random sampling dibagi dalam 2
kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan
STAD. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dalam rancangan
faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur
pada taraf signifikan = 0,05. Setelah normalitas dan homogenitas data diuji,
dilanjutkan dengan uji lanjut Scheffe.
Hasil pengujian hipotesis diperoleh (1) terdapat perbedaan nilai rata-rata
matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran
kooperatif Jigsaw (74,17) dengan siswa yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif STAD (67,39) dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00), (2)
terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa yang memiliki
kemampuan berpikir logis tinggi (78,63) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil
belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah (65,17)
dengan Fhitung (29,14) > Ftabel (4,00), (3) terdapat interaksi antara model
pembelajaran dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika
siswa dengan dengan Fhitung (6,56) > Ftabel (4,00).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sim p |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif, kemampuan berpikir logis, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Jul 2018 02:51 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30762 |