Hasibuan, Mangarapen (2018) PERUMUSAN MODEL PENGELOLAAN FULL DAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PENYELENGGARAAN MADRASAH ALIYAH DI MAN 2 MODEL KOTA PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156132019 . SAMPUL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM . 8156132019 . PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
3. NIM . 8156132019 . ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM . 8156132019 . KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
5.NIM . 8156132019 . DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. NIM . 8156132019 . DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 8156132019 . DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
8. NIM. 8156132019 . Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. NIM . 8156132019 . BAB . I.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
13. NIM . 8156132019 . BAB . V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8156132019 . DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perumusan model pengelolaan full day school (FDS) di MAN 2 Model Padangsidempuan yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran FDS di dalam dan di luar kelas; (2) pengorganisasian program FDS, (3) pelaksanaan pembelajaran program FDS di dalam dan di luar kelas, dan (4) penilaian program FDS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah di MAN 2 Model Padangsidempuan, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, bidang Kesiswaan, bidang hubungan masyarakat , sarana prasarana, guru Bimbingan Konseling, guru mata pelajaran dan guru ekstrakurikuler .Instrumen penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan FDS di MAN 2 Model Padangsidempuan dilakukan melalui rapat kerja setiap semester yang mencakup perencanaan pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas. Untuk perencanaan FDS, termasuk dalam kategori baik sebab sebagian besar guru melaksanakan perencanaan sesuai dengan komponen perencanaan yang ada dalam RPP. Selain itu program telah direncanakan secara matang; (2) Pengorganisasian FDS di MAN 2 Model Padangsidempaun di desain dengan model klasik, dimana kepala sekolah membentuk tim pengembang kurikulum berdasarkan latar belakang pengalaman dan pendidikan yang disesuaikan dengan bidang pekerjaan; (3) Pelaksanaan pembelajaran program FDS di MAN 2 Model Padangsidempuan dilakukan oleh guru di dalam kelas termasuk dalam kategori cukup baik sebab sebagian besar guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang telah direncanakan sebelumnya secara penuh. Implementasi dari model pengelolaan FDS di MAN 2 Model Padangsidempuan menunjukkan bahwa out comes berada pada kategori amat baik, dimana MAN 2 Model Padangsidempuan mampu meraih akreditasi A, peserta didik memiliki segudang prestasi akademik dan non akademik baik tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Disamping itu wujud implementasi FDS di MAN 2 Model Padangsidempuan adalah diterimanya lulusan di Perguruan Tinggi Negeri bergengsi di dalam maupun luar provinsi sumatera
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Has p |
Keywords: | Model pengelolaan, full day school,Manajemen Pendidikan, Hubungan manusiawi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 24 Jul 2018 03:57 |
Last Modified: | 24 Jul 2018 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30754 |