Lesmono, Eko (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN 091571 BAH JAMBI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156182014 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 8156182014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
3. NIM. 8156182014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
4. NIM. 8156182014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM. 8156182014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 8156182014 TABLES.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 8156182014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. NIM. 8156182014 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
10. NIM. 8156182014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM. 8156182014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
15. NIM. 8156182014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi gaya dan pesawat sederhana. Hal ini karena belum optimalnya penggunaan media dan bahan ajar, salah satunya yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS) yang ada di sekolah. Tujuan peneletian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerjas Siswa (LKS) berbasis masalah yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SDN 091571 Bah Jambi kelas V. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar, angket respon siswa dan angket tanggapan guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli penyajian menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan dilapangan tanpa revisi dan sangat valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 86,67%, dari 30 siswa yang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; (iii) respon siswa positif; dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Les p |
Keywords: | lembar kerja siswa, berbasis masalah, hasil belajar, gaya dan pesawat sederhana |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 02:36 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30744 |